Sabtu, 15 Desember 2018

ANALISIS KEBUTUHAN PEMBELAJARAN BERBASIS GAME UNTUK SISWA KELAS VII MATERI ALJABAR

Abstrak. Ketika siswa memasuki bangku kelas VII SMP, mereka dihadapkan pada konsep matematika yang baru, yaitu aljabar. Siswa yang awal dalam belajar aljabar akan menghadapi berbagai kendala. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan desain pembelajaran berbasis game tradisional untuk siswa SMP kelas VII pada materi aljabar. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan instrumen pengumpul data berupa angket, pedoman observasi, dan pedoman wawancara. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru matematika di SMP Muhammdiyah 3 Depok kelas VII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain pembelajaran berbasis game tradisional untuk siswa SMP kelas VII pada materi aljabar dibutuhkan. Dapat disimpulkan bahwa perlu dikembangkannya desain-desain pembelajarn berbasis game tradisional yang menarik dan dapat meningkatkan kualitas hasil pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar